Minggu, 30 Januari 2011

Asyiknya membuat telur asin sendiri





Pada resep kali ini aku ingin membagikan resep membuat telur asin, berdasarkan hasil praktek ketika aku mengontrak mata kuliah Pengawetan Makanan. Telur asin merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Tau ngak bahwa membuat telur asin itu ternyata mudah dan menyenangkan sangat asyik banget? Makanan yang dibuat sendiri di rumah, oleh tangan kita sendiri tentu dapat kita jamin kebersihan dan keasliannya. So...apalagi yang perlu dipikirkan, tinggal mencari dan mempelajari ilmunya, kita pun bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga. :) Selamat Mencoba! Aku juga pasti kelak akan membuatnya untuk keluargaku.



Bahan :
4 btr Telur bebek
300 g Garam
400 g Abu gosok
Amplas yang jenisnya paling tipis
Air secukupnya

Cara membuatnya :

1. Telur dicuci, di lap, lalu dihamplas hingga halus (jangan terlalu halus karena jika kulit telur terlalu tipis, telur bisa pecah).
2. Campur abu gosok dengan garam, lalu beri air sedikit demi sedikit, hingga didapatkan larutan abu gosok yang bisa diambil oleh tangan/dibentuk.
3. Setelah menjadi adonan tempelkan pada telur sampai permukaan telur tertutup seluruhnya (agak tebal melapisi telur dengan abu gosoknya)
4. Simpan dalam wadah selama 3 minggu-1 bulan, selanjutnya bersihkan telur dari adonan abu gosok, cuci bersih, lalu rebus hingga matang.


Catatan/Tips:

* Waktu penyimpanan telur sangat berpengaruh pada rasa dan karakteristik telur asin. Lebih lama penyimpanannya, akan lebih baik, tapi jangan terlalu lama juga, maksimal kurang lebih hingga 2 bulan.
* Telur asin yang bagus adalah ketika akan dikonsumsi/dibuka telurnya, dari kuning telur keluar sedikit minyak dan rasanya pun lezat/asinnya tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar