Selasa, 09 Maret 2010

Fu Yung Hai Tahu-Nugget ala Echa Ogie (^0^)




I really-really-really love Chinese Food... hmm.. yummy! masakan Cina jauh lebih gampang untuk dimasak di rumah dibandingin masakan Jepang yang bahan-bahannya terkadang sulit dicari..

Well, i'm not a chef, tapi gw suka eksperimen masak. Fu Yung Hai Tahu-Nugget ini selalu jadi pilihan gw kalau disuruh masak sama nyokap, bahan-bahannya gampang banget dicari dan relatif murah (coba deh buka kulkas dan lemari rumah, pasti 90% udah pada ada di situ.. LOL), dicoba sajja yaa..


Untuk porsi 3-4 orang

Bahan-bahan:
1. Untuk Fu Yung Hai
- Tepung terigu 5 sdm penuh
- Telur 4 butir
- Mentega (untuk adonan dan untuk menggoreng)
- Bawang putih 1-2 siung (iris cincang halus)
- Daun bawang 1 tangkai (cincang rapi)
- Bawang bombay 1/2 butir (cincang dadu)
- Kol putih secukupnya iris tipis
- Wortel satu buah, iris korek api
- Tahu putih 2 buah iris dadu 1 cm
- Nugget 5 buah iris dadu 1 cm
- Merica (black pepper juga boleh kalau suka) secukupnya
- Garam secukupnya
- Gula sedikit
- Penyedap rasa (gw biasanya pakai Royco rasa sapi)
- Air secukupnya

2. Untuk Saus Siram
- Saus tomat 5 sdm
- Bawang bombay 1/2 butir iris memanjang
- Kacang polong (bisa kacang polong beku atau kalengan, kalau beku rendam di air panas dulu)
- Tomat segar 1 butir
- Tepung maizena 1/2 sdm
- Wortel 1 buah, iris korek api
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Air secukupnya


Cara membuat:
1. Adonan untuk fu yung hai, pertama-tama campurkan tepung terigu dengan air secukupnya, aduk merata agar jangan sampai ada yang menggumpal. Campurkan telur ke dalamnya bersama 1sdm mentega dan aduk. Masukkan bawang putih, daun bawang, dan bawang bombay yang sudah dicincang rapi dan aduk. Masukkan kol dan wortel lalu masukkan potongan tahu dan nugget, kocok (kali ini kocoknya jangan terlalu kencang karena tahu rentan hancur). Masukkan garam, gula, merica (atau black pepper), dan penyedap rasa.
Cek kekentalannya, jika dirasa terlalu kental atau terlalu banyak isi, tambahkan telur yang sudah dikocok terlebih dulu ke dalamnya (jangan dikocok langsung di dalamnya, karena bentuk tahu bisa hancur).

2. Jika adonan sudah siap, maka adonan siap dimasak. Panaskan penggorengan (panas harus medium, jangan sampai terlalu panas). Cairkan 2sdm mentega dalam penggorengan dan ratakan mentega agar melapisi seluruh permukaan penggorengan (Fu Yung Hai bisa dimasak sekaligus untuk disajikan seperti pizza, atau digoreng sedikit demi sedikit seperti pancake, itu tergantung selera). Tuang adonan dan kecilkan api. Biarkan permukaan bawah Fu Yung Hai matang seluruhnya (tuangkan 1sdm mentega secara bertahap untuk menghindari gosong), jika permukaan bawah Fu Yung Hai telah matang, balik Fu Yung Hai untuk mematangkan permukaan atasnya (penjepit kue ukuran besar bisa dipakai untuk membantu membalik... *well, ini bagian paling susah, karena jangan sampai Fu Yung Hai terbelah atau rusak).

3. Jika Fu Yung Hai sudah matang, angkat dan letakkan di piring saji, kita langsung buat sausnya.

4. Untuk saus, cairkan 1sdm mentega di penggorengan dan tumis bawang bombay serta wortel sampai harum. Masukkan saus tomat dan setengah gelas kecil air lalu aduk merata. Kemudian masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan dengan air dan aduk kembali. Jika kekentalannya sudah dirasa pas, beri gula dan garam sesuai selera (kalau suka saus yang manis, beri gula lebih banyak). Aduk terus sampai mendidih dan masukkan kacang polong yang sudah matang dan aduk sebentar lalu angkat.

5. Tuang saus di atas Fu Yung Hai, dan Fu Yung Hai siap disajikan!


*tips:
- kalau suka sosis, bisa juga dimasukkan sosis ke dalamnya;
- gw lebih suka buat Fu Yung Hai seperti pancake, ditatanya bisa lebih bervariasi dan dibaginya pun lebih gampang;
- kalau suka saus yang lebih pedas, bisa pakai paprika yang sudah dipotong dadu ke dalam saus, masukkan bersamaan dengan potongan tomat (paprikanya bisa apa saja, paprika merah, hijau, atau kuning);
- kalau ternyata adonan terlalu banyak, adonan bisa disimpan dulu untuk dimasak kemudian, masukkan ke dalam kulkas dan jika akan dimasak, langsung masak saat adonan masih dingin, soalnya kalau sudah agak panas, adonan akan berair.


Selamat memasak yaaa...

Enjoy!! d(^0^)b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar